Iklan Semua Halaman

 


{{ date }}
{{ time }}
PERUSAHAAN PERS
PT. PANDLYTRA TAMA MANDIRI

Kawin Suntik Pada Ternak Program Unggulan Dinas Peternakan Humbahas

Tombak Publik.
Inseminasi Buatan atau disebut dengan Kawin Suntik pada ternak Sapi dan Kerbau merupakan salah satu program unggulan pada Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Humbang Hasundutan dalam meningkatkan mutu genetik ternak sebagai upaya peningkatan populasi dan produksi ternak dengan metode Penyerentakan Birahi (Sinkronisasi Birahi).

Kelahiran ternak Sapi dan Kerbau hasil Inseminasi Buatan dari Tahun 2022 sampai dengan bulan Maret Tahun 2023 mencapai 101 ekor yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kebuntingan ternak-ternak Sapi dan Kerbau hasil Inseminasi Buatan yang diperkirakan akan lahir pada bulan September hingga Oktober Tahun 2023 sebanyak 70 ekor.

Dinas Peternakan dan Perikanan terus melaksanakan kegiatan Inseminasi Buatan terhadap ternak milik masyarakat secara gratis sampai dengan saat ini dengan jumlah akseptor yang sudah terlayani sebanyak 159 ekor, dengan harapan kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat peternak, dan diharapkan Kabupaten Humbang Hasundutan dapat menjadi salah satu sentra Pengembangan Ternak Sapi dan Kerbau di Provinsi Sumatera Utara.

Pada Tahun 2023, Dinas Peternakan dan Perikanan akan melaksanakan kegiatan Inseminasi Buatan di setiap kecamatan, dan dihimbau kepada masyarakat untuk melakukan inseminasi terhadap ternak Sapi dan Kerbau yang dimiliki untuk meningkatkan mutu genetik ternak yang dipelihara saat ini dengan melakukan koordinasi langsung dengan dinas terkait.

(Jahara Sihite).