Api Dan Kabut Asap Tebal Di Belawan Ternyata Dari Kapal Tanker Yang Terbakar | Medan

Kategori Berita

Api Dan Kabut Asap Tebal Di Belawan Ternyata Dari Kapal Tanker Yang Terbakar | Medan

Tombak Publik.
Ledakan keras dari kapal MT Jag Leela di galangan kapal PT Waruna, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan pada Senin 11/05/20 sekitar pukul 08.30 WIB.

Keterangan salah seorang warga kepada tombak publik mengisahkan, saat itu dia sedang berada di sebuah pondok yang jaraknya dengan kapal sekitar 150 meter dari kapal MT Jag Leela.
"Saya mendengar suara ledakan, asap mengepul. Saya terkejut, barang-barang saya tinggal dan saya keluar. Apinya sangat besar" katanya, Senin (11/05/2020) sambil mengarah ke kapal yang masih terbakar.

Saat itu, dia sempat mendengar dua hingga tiga kali ledakan keras. Setiap kali terdengar ledakan, api membumbung dan keluar asap tebal warna hitam.

Api dan asap, keluar dari bagian belakang lambung kapal, ada dari bawah juga tengah hingga atas. Katanya

Saat kebakaran terjadi, dia belum ada melihat anak buah kapal (ABK) yang berhasil keluar dari kapal tersebut.
Setelah api semakin membesar dan ketika asap terus merembet ke depan, barulah dia melihat sekitar 20 orang ABK muncul dan terlihat kebingungan mencari jalan turun.

"Mereka bingung. Karena posisi kapal lagi dok (kering) . Mereka mau nyelamatkan diri tangga ada di depan semua" katanya.

Mereka saya lihat naik ke atas, di dok kapten untuk menyelamatkan diri. Kemudian mereka turun menggunakan  tangga monyet dan juga dibantu dengan beko.

(Ranto Sipahutar)