Ketua DPD LSM Tunggal Panaluan Kritik Harga LPG 3 Kg Rp.28.000/Tabung | Taput

Kategori Berita

Ketua DPD LSM Tunggal Panaluan Kritik Harga LPG 3 Kg Rp.28.000/Tabung | Taput

Tombak Publik.
Martupa Purba Ketua DPD Taput LSM Tunggal Panaluan, pada hari senin (04/05/2020) sesalkan harga eceran yang dibeli warga harga LPG 3kg mencapai Rp.28.000,-- per tabungnya. Sepertinya Pemkab Taput melalui Kabag Ekonomi tidak melakukan monitoring.

"Kita sesalkan Pemkab seakan membiarkan harga eceran LPG 3kg mencapai Rp.28.000/tabung. Sepertinya Kabag Ekonomi tidak melakukan monitoring" ujar Martupa.

Dikatakan, selama ini harga LPG ukuran 3kg yang dijual kepada warga diatas HET yang ditetapkan oleh Pemkab Taput. Baik itu sebelum wabah Covid-19 melanda maupun saat sekarang ini Covid berkepanjangan. Dan hakekatnya Pemkab Taput punya kewajiban untuk mengawasi atau monitoring harga LPG 3kg agar tetap stabil.

Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19, kondisi ekonomi tidak menentu. Karena itu Martupa menegaskan dan mendesak
Pemkab Taput, mencabut ijin agen penyalur LPG 3kg yang pangkalannya menjual diatas HET. Dan jangan hanya menegur saja.

"Harga ini bukan saat ini, sebelum Pandemi Covid-19 sudah Rp.28.000. Karena itu Pemkab kita desak, agar ijin agen penyalur yang pangkalannya menjual LPG 3kg diatas HET, sebaiknya ijinnya dicabut. Kasihan masyarakat mohon dibantu, jangan cuma menegur saja" tegas Martupa.

Terkonfirmasi sebelumnya, Kabag Ekonomi Kab. Taput Fajar Gultom mengatakan, sudah menegur agen agen penyalur LPG ukuran 3kg. Dan sesuai pengamatan dan keluhan masyarakat bahwa harga itu sudah tidak manusiawi.

"Agen agen sudah kita beri teguran sesuai dengan pengamatan dan pengaduan masyarakat, kita tegaskan harga LPG 3kg sudah semakin tidak manusiawi" papar Fajar gultom.

Dan terutama saat ini lanjut Fajar, dalam suasana perjuangan Covid-19. Pendapatan dan daya beli masyarakat semakin menurun, ditambah harga LPG melambung.

Karena itu ditegaskan Fajar, agar agen mengintruksikan kepada pangkalan
dalam pendistribusian LPG 3kg kepada warga, supaya mematuhi aturan yang telah ditetapkan Pemkab mengikuti HET.
Dan apabila masih ditemukan ada harga eceran LPG 3kg diatas HET yang dijual oleh pangkalan maka Pemkab Taput akan mencabut Ijin agen yang bersangkutan

"Apabila masih ditemukan pangkalan yang tidak mematuhi aturan, maka pemerintah akan mencabut ijin agen yang bersangkutan" Pungkas Fajar Gultom

Seperti diketahui Harga Eceran Tetap LPG 3kg sesuai dengan keputusan Bupati Taput Drs. Nikson Nababan Nomor 383 Tahun 2015 adalah sebesar 18.000 per tabung.

(Fesny Anwar Manalu)