Pelaksanaan Proyek Tanpa Tender Dari Dana Covid-19 Di RSUD Tarutung Diduga Tanpa RAB | Taput

Kategori Berita

Pelaksanaan Proyek Tanpa Tender Dari Dana Covid-19 Di RSUD Tarutung Diduga Tanpa RAB | Taput

Tombak Publik.
Ditengah pandemi Virus Covid-19 pemerintah Kab.Tapanuli Utara melakukan pelaksanan proyek pekerjaan jalan di kawasan RSUD Tarutung Kab.Tapanuli Utara.

Terpantau dilapangan dalam waktu beberapa hari, tidak terlihat adanya papan informasi pekerjaan proyek jalan tersebut.

Ketika awak media tombakpublik.com mencoba menggali informasi dari beberapa orang yang berada di lokasi pekerjaan, ternyata proyek tersebut tidak diketahui jumlah anggaran yang pasti.

"anggarannya kami tidak tau pasti, tanya aja kadis PU Taput"ujar salah seorang yang berada di lokasi pekerjaan.

Terkonfirmasi, Kadis PU Taput Dalan Simanjutak menyebutkan akan merintahkan kepada pelaksana kegiatan untuk membuat papan informasi proyek tersebut.

Tapi anehnya Dahlan menjelaskan bahwa anggaran proyek dari Dana Covid-19 tersebut masih hitungan kasar yaitu berjumlah senilai Rp. 1,1 Milyard sekian tanpa ada kepastian jumlah.

"ini anggarannya dari Dana Covid-19 dengan jumlah anggarannya Rp. 1,1Milyard sekian dan masih hitungan kasar" jelas Dalan.
Terpisah, menyikapi hal ini Ketua LSM Tunggal Panaluan M.Purba meyebutkan bahwa pekerjaan proyek ini tidak masuk akal dan dinilai tanpa tender dan RAB yang jelas.

Purba menjelaskan bahwa pengadaan barang dan jasa diatas pagu Rp.200.000.000,- harus melalui proses tender  dan RAB (Rincian Anggaran Biaya) yang jelas.

Purba juga menyebutkan bahwa bagaimana mungkin pelaksanaan pekerjaan tersebut dinyatakan sesuai padahal RAB (Rincian Anggaran Biaya) nya aja tidak diketahui dan pastinya papan informasinya tidak akan ada.

"bagaimana mungkin pelaksanaan pekerjaan tersebut bisa dinyatakan sesuai, padahal RAB nya saja tidak diketahui?? Dan pastinya papan informasi pekerjaan itu jga pastinya tidak akan ada" ujar Purba.

(Fesny Anwar Manalu)