Gorong-gorong Diduga Tidak Berfungsi, Jalan Lintas Medan Menuju Sidikalang Putus Total

Kategori Berita

Gorong-gorong Diduga Tidak Berfungsi, Jalan Lintas Medan Menuju Sidikalang Putus Total

Tombak Publik.
Jalan Nasional Sidikalang - Medan longsor dikikis arus air sejak hari Selasa, (05/01/21) dan longsor itu telah merusak separuh bahu jalan. Longsor terjadi akibat curah hujan yang tinggi sehingga debit air yang semakin besar dan tertahan tidak mengalir, menghantan ruas jalan dan amblas mengakibatkan arus Lalin lumpuh total, pada Rabu, 06/01/21.

Informasi dari warga sekitar menyebutkan, dibawah jalan ada gorong-gorongnya tetapi sudah tidak berfungsi dengan baik dan tersumbat.
Karena terus menerus diguyur hujan,m debit air terus meninggi dan tidak ada saluran pembuangan akibat gorong-gorong tidak berfungsi sehingga airpun menjadi rata dengan bahu jalan.
Dan airpun meluap melalui bahu jalan sehingga air mengikis bahu jalan dan bahu jalanpun amblas dikarenakan tekanan debit air yang meluap. Peristiwa longsor ini terjadi di Desa Sitinjo II, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi.

Berdasarkan informasi dari warga, ada beberapa bangunan yang rusak dan runtuh yaitu Deyas Bar dan Penginapan Dalanta Jumpa dan ada juga warung milik warga yang amblas kebawah terbawa arus.

(Jappi Sihite)