Iklan Semua Halaman

Komisi B DPRD Provinsi Sumut Kunker Ke Lapangan Strategis Nasional Food Estate Di Kabupaten Humbahas

Tombak Publik.
Dalam rangka menindaklanjuti surat Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Tanggal 25 November 2021. Komisi B DPRD Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Kunjungan Kerja ke lokasi Food Estate Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan  (09/12/21).
 
Dari pantauan awak media, rombongan DPRD Komisi B tersebut di dampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara. Rombongan tersebut di sambut oleh Dinas Pertanian Humbang Hasundutan dengan perwakilan Y Habeahan serta masyarakat dan beberapa perwakilan Kelompok Tani yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan.
 
Pantur Banjarnahor sekaligus anggota Komisi B Provinsi Sumatera Utara menyampaikan ucapan selamat datang kepada rekan-rekannya dari Komisi B dan juga rombongan dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas kunjungan tersebut dalam rangka meninjau langsung Program Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan dan sekaligus meninjau lahan pertanian Sopo Parpadot Parsingguran.
 
Kabid Dinas Pertanian Kabupaten Humbang Hasundutan Habeahan mengatakan, Program Food Estate merupakan terobosan Pemerintah Pusat yang dimaksudkan untuk meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional melalui suatu konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi. Terdapat 2 Provinsi yang menjadi lokasi Food Estate, yaitu Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara. Di Provinsi Sumatera Utara program Foood Estate ini meliputi beberapa Kabupaten, yaitu Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Tapanuli Tengah.
 
Sasaran pembangunan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan karena meningkatnya luas tanam dan produksi bawang merah, bawang putih dan kentang, tersedianya Benih Hortikultura yang bermutu dan meningkatnya kapasitas petani melalui korporasi. Target luasan pengembangan 23.365,97Ha dan untuk Tahun 2020 seluas 1000Ha yang bertempat di Desa Riaria Kecamatan Pollung.
 
Lebih lanjut Habeahan mengatakan, pertanaman komoditas kentang, bawang merah dan bawang putih telah dimulai sejak Kunjungan Kerja Presiden RI, Ir. Joko Widodo ke Lokasi Food Estate Hortikultura yakni Tanggal 27 Oktober 2020. Pembangunan Sarana dan Prasarana pendukung Food Estate juga sedang berlangsung seperti pembangun jalan akses menuju lokasi, embung, reservoir, jaringan irigasi dan prasarana pendukung lainnya.
 
Pemkab Humbahas secara intensif berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk pengadaan bibit dalam rangka program pertanian tanaman pangan dan Hortikultura. Sejak Tahun 2018 juga telah menjalin kerjasama dengan PT Indofood untuk membangun instalasi pembibitan kentang varietas industri di Kecamatan Pollung.
 
Pemkab Humbahas juga mendukung penyediaan pupuk bersubsidi, untuk Tahun 2018 dan Tahun 2019 total terealisasi 6773 Ton dan 7936 Ton. Tahun 2020 per Agustus dengan total 5250 Ton. Melaui Dinas Pertanian juga secara intensif membina Poktan atau Gapoktan agar dapat menyusun dengan baik rencana definitif kebutuhan kelompok, papar Habeahan
 
Sementara itu, Kepala Dinas ke tahanan pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara juga memaparkan rencana perluasan dan perkembangan Program Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan.
 
Sekretaris Komisi B Provinsi Sumtera Utara yang sekaligus menjadi pimpinan rombongan, memberi kesempatan kepada masing-masing anggota Komisi B untuk memberi tanggapan. Banyak saran dan masukan yang diberikan Komisi B kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan yang pada dasarnya bermuara untuk mengsejahterakan masyarakat secara khusus masyarakat Humbang Hasundutan.
 
Usai Acara tersebut, Komisi B bersama rombongan  melaksanakan peninjauan lokasi Food Estate Hortikultura di Desa Riaria Kecamatan Pollung dan kemudian rombongan langsung menuju pertanian Sopo Marpadot.

(Jhon S)