Iklan Semua Halaman

Panen Raya Jagung Dilahan S.E.E Rutan Kelas I Labuhan Deli Kemenkumham Sumut, Kadivpas Apresiasi Rutan Labuhan Deli

Tombak Publik.
Kadivpas (Kepala Divisi Pemasyarakatan) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Erwedi Supriyatno di dampingi Karutan Kelas I Labuhan Deli Nimrot Sihotang hadir di tengah hamparan ladang jagung di Pasar X Desa Manunggal Kab Deli Serdang yang di kelolah Rutan Kelas I Labuhan Deli yang berada di bawah naungan Kanwil Kemenkumham Sumut. Selasa pagi (26/4/2022) Pukul 09.00 WIB.

Dalam keterangannya, Kadivpas Kemenkumham Sumut Erwedi Supriyatno
mengatakan dirinya hadir dalam panen raya jagung yang di kelolah Rutan Kelas I Labuhan Deli untuk mewakili Pak Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kemenkumham Sumut, (Imam Suyudi), karena beliau saat ini sedang berhalangan hadir.
“Kita tadi telah menyaksikan bersama panen raya jagung yang di kelolah Rutan Kelas I Labuhan Deli dan hasilnya sangat bagus, kwalitasnya juga bagus dan rencana hari ini ada seluas 3 Ha lahan jagung yang akan dipanen dan yang lalu ada 2 Ha yang telah selesai di panen, ” ucap mantan Kalapas (Kepala Lembaga Pemasyarakatan) Kelas I Medan tersebut.

Sambung Kadivpas Kemenkumham Sumut itu, ini menjadi sarana asimilasi dan edukasi milik Rutan Kelas I Labuhan Deli yang di kelolah oleh saudara kita mantan warga binaan beserta masyarakat yang ada di sekitar sini.
“Ini merupakan bentuk pelatihan kemandirian yang telah berhasil untuk warga binaan yang ada Rutan Labuhan Deli,” ungkapnya.

Jelasnya lebih lanjut, kami sangat mengapresiasi terhadap kinerja Rutan Kelas I Labuhan Deli yang punya inisiatif sebab meskipun ini Rutan tapi bisa punya inovasi dan inisiatif untuk melakukan kegiatan sarana asimialisi dan edukasi yang tentunya kita harapkan juga kepada Lapas dan Rutan yang ada di Kemenkumham Sumut bisa mengikuti langkah atau jejak yang sudah dilakukan Rutan Labuhan Deli yang ternyata berhasil untuk mengelola lahan terutama untuk sarana asimilasi dan edukasi.


“Kita harapkan semua nanti Lapas dan Rutan lainnya bisa belajar melalui Rutan Kelas I Labuhan Deli, ” pungkasnya.

Sementara itu, Karutan Kelas I Labuhan Deli Nimrot Sihotang di dampingi Kasubsi Bimbingan Kegiatan Wilson Sibarani, mengatakan saat ini kami melaksanakan tugas dan tanggung jawab kami melalui resolusi pemasyarakatan yaitu turut serta mendukung program ketahanan pangan, menciptakan warga binaan menjadi wirausaha dan juga turut serta dalam rangka pemulihan ekonomi di tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan ini juga kami lakukan semata² untuk mendukung Resolusi Pemasyarakatan, deklarasi Janji Kinerja Kemenkumham 2022 tidak lain membekali dan memberdayakan mereka yang sedang menjalani pembinaan dan mantan WBP, kegiatan ini direncanakan akan siap hari ini dan kami perkirakan hasil panen nya sekitar 35 ton dengan sistem jual tungkul. Kegiatan ini sendiri didanai oleh Koperasi Rutan dan hasilnya untuk menigkatkan kesejahteraan pegawai dan peningkatan PNBP

“Tak lupa kami dari Rutan Kelas I Labuhan Deli juga mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H, apabila ada kesalahan dan kekurangan kami kepada masyarakat khususnya warga binaan kami mohon maaf, pungkasnya.

(S.Siburian).