Iklan Semua Halaman

Danyonmarhanlan I Berikan Pembekalan Kepada Satgas Multilateral Rimpac 2022

Tombak Publik.
Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan I (Danyonmarhanlan I) Mayor Marinir Indra Fauzi Umar memberikan Pembekalan kepada peserta Satgas Rim of the Pacific (RIMPAC) Exercise 2022, yang merupakan latihan angkatan laut terbesar di dunia yang diselenggarakan oleh Amerika Serikat (AS), kegiatan pembekalan dilaksanakan di Puslatkaprang Koarmada II Surabaya, Senin (30/05/22). 

Rim Of The Facific Exercise merupakan latihan Maritime terbesar di dunia yang melibatkan seluruh unsur kekuatan laut termasuk satuan Marinir di kawasan Asia Pasifik. Dalam latihan ini Korps Marinir TNI AL turut serta dilibatkan dalam latihan yang ke tujuh sejak dimulai keikutsertaannya tahun 2008. Esensi latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit serta meningkatkan hubungan kerjasama antar negara peserta latihan Rimpac 2022. 
Pada pembekalan ini Mayor Marinir Indra Fauzi Umar memberikan materi kepada peserta Satgas Rimpac Tahun 2022, tentang kegiatan yang akan dilaksanakan di medan latihan, sehingga masing masing peserta memiliki gambaran dan dapat menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan, selain itu pembekalan tersebut dilaksanakan untuk meminimalisir kendala-kendal latihan terdahulu sehingga saat latihan akan membawa nama baik Korps Marinir TNI AL di mata Internasional. 

Lebih lanjut, Danyonmarhanlan I turut memberikan masukan kepada seluruh peserta Rimpac 2022 agar selalu menunjukan profesionalisme, menjaga komunikasi yang baik dengan peserta dari negara lain, menjaga disiplin lapangan serta selalu menjaga nama baik bangsa karena merupakan duta bangsa di kancah internasional. “Persiapkan segala sesuatunya yang berhubungan dengan latihan dengan detail dan sebaik-baiknya, agar jangan sampai di tengah jalan ada kendala dan kekurangan”.

Latihan Bersama Multirateral Rimpac tahun ini mengambil tema “TNI AL Melaksanakan Latma Multilateral Rimpac 2022 Di OAHU, Hawai, guna Meningkatkan Profesionalisme, Kemampuan Tempur dan Kerja Sama Militer dengan Negara Sahabat” 

Pelaksanaan Latma Multilateral Rimpac 2022 akan dilaksanakan di Hawai pada tanggal 26 Juni sampai dengan 4 Agustus 2022 dan sebagai peserta Unsur Tugas Laut KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR)-332 serta pasukan Marinir sebanyak 35 personel. 

Latihan Multilateral ini digelar setiap dua tahun sekali antara US. Navy dengan Negara Indo-Pasifik di bawah kendali Armada ke III US. Navy. Sebanyak 14 negara peserta turut serta dalam kegiatan Rimpac 2022 ini antara lain Australia, Canada, Chili, Perancis, India, Indonesia, Jepang, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Filipina, Korsel, Singapura dan Malaysia.

(W. Napitupulu).