Iklan Semua Halaman

 


{{ date }}
{{ time }}
PERUSAHAAN PERS
PT. PANDLYTRA TAMA MANDIRI

Margaret MS Dinobatkan Jadi Bunda Asuh Stunting Di Kelurahan Sicanang

Tombak Publik.
Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak Balita (bayi dibawah 5 Tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Stanting pada anak disebabkan oleh adanya gangguan pertumbuhan yang dimulai pada 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan). 1000 HPK dimulai dari awal masa kehamilan sampai anak berusia 2 Tahun. 

Kurangnya pengetahuan ibu tentang stunting menjadi faktor risiko kejadian stunting pada anak.
 
Pagi ini, Selasa (04/10/2022). Kelurahan Sicanang melaksanakan program pencegahan stunting dan pemberian makanan tambahan kepada anak-anak.
Program ini dihadiri Margaret MS sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawabnya sebagai anggota DPRD Kota Medan dan memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna. 
 
Disela-sela acara ini dan 
berdasarkan hasil diskusi bersama Camat Belawan dan Lurah Sicanang, Sutan Lubis dari Bag Umum Pemko Medan mengatakan bahwa kasus stunting di Kelurahan Sicanang pada bulan Februari lalu berkisar antara 58 orang dan mengalami penurunan di bulan ini menjadi 20 orang pada bulan Oktober 2022. 

Pada kesempatan ini Margaret MS juga dinobatkan sebagai Bunda Asuh Stunting di Kelurahan Sicanang.

Dalam sambutanya Margaret MS mengatakan "Pemerintah terus menggalakkan program pencegahan Stunting sedari dini kepada warga khususnya yang pra nikah agar dapat terhindar dari anak-anak yang terdampak Stunting dan mau melaksanakan salah satu bentuk metode Preventif berupa Edukasi terkait pencegahan Stunting. Edukasi ini diharapkan mampu mencegahan peningkatan kasus stunting yang ada di Kelurahan Sicanang"
Politis PDIP ini dalam arahannya berkata "Kepada ibu-ibu agar pola makanan, pola asuh dan sanitasi agar benar-benar diperhatikan terutama kebersihan lingkungan khususnya MCK. Ibu-ibu harus betul-betul memperhatikannya agar makanan yang dikonsumsi oleh anak terjamin gizi dan kebersihannya"
Rencana pemerintah dalam hal ini Pemko Medan akan menambah anggaran pada Tahun 2023, akan lebih memfokuskan penanganan Stunting baik itu sosialisasi atau pendampingan memberi makanan sehat kepada anak terdampak Stunting" ujar Margaret mengakhiri.

(S. Siburian).