Rapat Desa Terselubung Di Desa Sihite II | Humbahas

Kategori Berita

Rapat Desa Terselubung Di Desa Sihite II | Humbahas

Tombak Publik - Humbahas.

Rapat di Kantor Desa Sihite II Kecamatan Dolok Sanggul, Rabu 23/10/19. Rapat yang digelar membahas tentang pengusulan bantuan bagi masyarakat kurang mampu dan membahas tentang pembentukan BUMDes 2019-2020.

Tapi bagi sebagian warga Desa Sihite II, rapat tersebut dicurigai sebagai rapat terselubung sebab warga yang diundang untuk menghadiri rapat tersebut sudah tebang pilih.


Menurut keterangan masyarakat dari Dusun I Desa Sihite II mengatakan " Undangan tidak sampai ke banyak penduduk lainnya kecurigaan kami berdasar, yang hadir diundang rapat yang sudah ditentukan orangnya bisa disebut rapat terselubung, supaya mereka sesuka hati untuk menentukan yang sudah disetting sebelumnya.


Informasi yang dihimpun bahwa di Desa Sihite II tersebut, perangkat Desa sudah dilakukan pengukuhan dan sudah diangkat sumpah namun disayangkan ternyata inilah kinerja dari perangkat desa di Desa Sihite II Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbahas, Provinsi Sumatera Utara yang mengesampingkan Demokrasi


Tersebar juga isu yang berkembang ditengah masyarakat bahwa pengukuhan perangkat desa juga disinyalir hasil dari intervensi,

Banyaknya warga yang komplain perihal udangan tidak sampai, sehingga diputuskan untuk pembentukan pengawas dan pengurus bumdes telah ditunda dan akan dilanjutkan minggu depan, dan Kepala Desa Sihite II juga Ibu Kades ibu Sediana Butarbutar menyarankan keperangkatnya agar menjalankan udangan keseluruh masyarakat di Desa Sihite II tanpa terkecuali.


Menurut Albert Siahaan dari dinas PT2A, Bahwa BUMDes sudah terbentuk 75 BUMDes di Kabupaten Humbahas sejak Tahun 2017, Namun disayangkan 60% BUMDes tidak jalan atau bisa disebut mati suri.

Juga penjelasan dari Albert Siahaan, BUMDes adalah salah satu mesin pencetak uang karena BUMDes bisa membantu permodalan untuk usaha seperti membuka usaha loket pembayaran listrik dan usaha tukang pangkas juga bentuk usaha lainnya, ditambah keterangan dari pendamping desa yang hadir dari kecamatan mengatakan bahwa BUMDes adalah program pemerintah yang sangat prioritas
karena dari BUMDes inilah mayarakat terbantu bisa mendapatkan pupuk dan juga alsintan ( alat dan mesin untuk pertanian) karna anggaran dana ke BUMDes itu bersumber dari dana desa ( DD)


(Jahara S)