Iklan Semua Halaman

Polres Asahan Tingkatkan Kemampuan, Polres Asahan gelar pelatihan Dalmas dan TFG

Tombak Publik.
Untuk meningkatkan kemampuan personil, Polres Asahan menggelar pelatihan Dalmas (Pengendalian Massa) yang dilaksanakan dihalaman Mapolres Asahan. Rabu siang (20/10/21).

Latihan dibagi menjadi 3 Tim yaitu Tim Negosiator, Dalmas Awal dan Dalmas Lanjut dengan materi formasi Dalmas sikap siaga, sikap tempur, dorong maju, desak maju, sikap berlindung dan sikap dorong maju.

"Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam menanggulangi aksi unjuk rasa" kata Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira.

Kapolres juga menjelaskan, pelatihan tersebut juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa, tutur mantan Kapolres Tanjung Balai tersebut.

"Selain itu juga untuk mengingat kembali gerakan maupun formasi Dalmas, dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya yang terjadi di wilayah hukum Polres Asahan" terang Kapolres.

Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas Awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya.

Dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan saat dilapangan yaitu kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan Tim Negosiator hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti mobil Water Canon dan Gas Air Mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) di lapangan. Jelas mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan tersebut.

“Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya dilapangan,” pungkas 
Kapolres

Setelah pelatihan Dalmas, pihaknya juga menggelar pelatihan Tactical Floor Game(TFG), TFG ini merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana operasi yang telah disusun bersama Pejabat Utama(PJU) Polres Asahan Dan Kapolsek Jajaran. Ucap Perwira berpangkat dua melatih tersebut.

(Waldeni).