Iklan Semua Halaman

{{ date }}
{{ time }}

Rutan Klas IIB Humbahas Kanwil Kumham Sumut, Kerja Sama Dengan BIN Gelar Vaksinasi Massal di Rutan Humbahas

Tombak Publik.
Rutan Klas IIB Humbahas Kantor wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia  Sumatera Utara dalam Menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun, menggelar Vaksinasi massal di Aula Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Humbang Hasundutan desa Hutagurgur kecamatan  Dolok sanggul kabupaten Humbahas.

Pelaksanaan vaksinasi massal dosis satu, dua dan booster ini, kerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) daerah dibantu tim vaksinator dari Puskesmas Matiti, Doloksanggul.
Kepala Rutan Klas II B Humbahas Kanwil Kumham Sumut, Herry Hasudungan Simatupang di sela pelaksanaan vaksinasi kepada Media mengatakan, bahwa vaksinasi Covid-19 yang sedang dilaksanakan merupakan rangkaian kegiatan menyambut HBP ke-58 Tahun yang jatuh pada 27 April mendatang. Kegiatan vaksinasi dosis satu, dua dan booster ini kerjasama dengan BIN daerah dibantu oleh tim vaksinator (nakes) dari Puskesmas Matiti.

Diuraikan, penerima vaksin tersebut adalah penghuni rutan, yakni para CPNS Kumham yang belum menerima vaksin booster. Sementara vaksin dosis satu dan dua kepada tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

"Penguhuni Rutan yang divaksin sebanyak 75 orang. Dari jumlah tersebut, delapan diantaranya para CPNS Kumham yang baru ditempatkan di rutan dan belum menerima booster. Selanjutnya dosis satu, dua diberikan kepada WBP," ujarnya.

Mantan Kalapas Klas III Pangururan ini menambahkan, bahwa vaksinasi di rutan yang dihuni 724 tahanan dan WBP itu sudah hampir rampung. "Sejauh ini, vaksinasi dosis satu, dua dan booster di Rutan Klas IIB Humbahas Kanwil Kumham Sumut sudah mencapai 90 persen. Harapannya, Mei medatang, vaksinasi pencegahan Covid-19 bisa mencapai 100 persen," ujarnya.

Melalui kerjasama dengan BIN, seyogiyanya vaksin dosis satu, dua dan booster di rutan sudah mencapai 100 persen. Namun karena masih ada beberapa tahanan dan WBP yang baru mendapatkan vaksin dosis satu dan dua, sehingga booster ditunda hingga bulan Mei mendatang.

Katanya lagi, atas pencapaian vaksinasi ini, pihaknya menyampaikan trimakasih kepada mitra dan semua pihak termasuk BIN daerah yang menggalakkan vaksinasi di Rutan Klas IIB Humbahas Kanwil Kumham Sumut. "Hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik sehingga patut kita apresisi," tandasnya.
Kepala BIN Sumut, Brigjen TNI Asep Jauhari melalui kordinator Tapanuli, Sianturi mengatakan, kerjasama pelaksanaan vaksinasi ini untuk mendorong pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam pencapaian target vaksin khsusnya di rutan/lapas. 
Penyelenggaraan vaksinasi bahkan sampai ke dalam rutan/lapas sebagai bagian strategi jemput bola atau dor to dor untuk mendekatkan warga sasaran dengan layanan vaksinasi.

"BIN Sumut hari ini melaksanakan vaksinasi di 28 kabupaten/ kota untuk sasaranya anak anak 6-12 tahun, masyarakat umum, lansia dan warga binaan di rutan maupun lapas yang ada di Sumut," terangnya.

Targetnya, untuk Sumut BIN mengalokasikan 14.000 ribu dosis vaksin. "Sejauh ini, dalam pelaksanaan vaksinasi belum ada hambatan atau kendala yang signifikan. Sehingga harapan kita vaksinasi dapat tuntas hingga 100 persen," pungkasnya.

(Jahara Sihite).