Iklan Semua Halaman

Deteksi Dini Kesehatan, Yonmarhanlan I Laksanakan Urikes Rutin

Tombak Publik.
Dalam rangka mendeteksi dini tingkat kesehatan prajurit, Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) rutin Tahun 2022, di Gedung Dinas Kesehatan Lantamal I, Jalan Bengkalis Belawan. Rabu (17/05/22). 

Urikes rutin ini dilaksanakan sebagai salah satu sarana kontrol untuk mengetahui stakes kesehatan prajurit Petarung Yonmarhanlan I dan juga sebagai syarat bagi prajurit yang akan melaksanakan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP), ataupun untuk kelengkapan persyaratan sekolah atau pengembangan pendidikan lainnya. 

Selain itu manfaat Urikes adalah sebagai sarana deteksi dini kesehatan personel, dimana dengan melaksanakan urikes dapat mengetahui kondisi kesehatan sesungguhnya dan apabila dalam urikes ada ditemukan gangguan atau kelainan kesehatan, maka akan diadakan tindakan lanjut oleh Dinas Kesehatan untuk penanganan selanjutnya. 
Urikes kali ini merupakan bentuk peduli kesehatan terhadap diri sendiri, dimana pada kegiatan tersebut dilaksanakan pemeriksaan darah rutin dan urine juga pemeriksaan kesehatan telinga, hidung tenggorokan, jantung, gigi serta pemeriksaan Elektrokardiografi (EKG). 

Ditempat terpisah, Danyonmarhanlan I Mayor Marinir Indra Fauzi Umar mengatakan bahwa, Urikes rutin merupakan salah satu sarana kontrol untuk mengetahui kondisi terkini kesehatan prajurit, dengan deteksi dini kondisi kesehatan prajurit maka setiap prajurit dapat mengetahui kondisi kesehatannya masing masing, dan apabila hasil Urikes ada temuan kondisi kesehatan pràjurit yang kurang baik maka akan ada penanganan lanjutan dari Dinas Kesehatan,  sehingga diharàpkan setiap prajurit memiliki kondisi fisik yang sehat dan prima untuk selalu siap dalam menjalankan setiap penugasan. 

"Tujuan Urikkes ini untuk mendeteksi apakah ada gejala atau gangguan kesehatan, sehingga bila ada indikasi gangguan kesehatan, dapat diambil tindakan cepat dan tepat untuk pencegahannya dan diharapkan kesadaran setiap personel didalam menjaga kesehatannya masing-masing untuk mendukung setiap pelaksanaan tugas yang akan dihadapi". pungkas Danyonmarhanlan I Belawan.

(W Napitupulu).