Iklan Semua Halaman

 


{{ date }}
{{ time }}
PERUSAHAAN PERS
PT. PANDLYTRA TAMA MANDIRI

Peran Aktif Babinsa Tingkatkan Hasil Produksi Jagung | Boyolali

Tombak Publik.
Sertu Edi Mulyanto Babinsa Koramil 11/Sambi Kodim 0724/Boyolali Sadang melaksanakan upaya khusus pendampingan pertanian pengecekan tanaman jagung lahan milik Bapak Suwardi Dukuh Kedung Gudel, RT 04, RW 01, Desa Kepoh. Kecamatan Sambi, Kab. Boyolali. Rabu (13/11).

Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud pelaksanaan aplikasi upaya khusus dalam pertanian sehingga terwujudnya swasembada pangan dan ketahanan pangan wilayah. Kegiatan pengecekan tanaman jagung ini dilakukan oleh Sertu Edi Mulyanto beserta Bapak Suwardi sebagai pemilik lahan dengan luas sekitar 1.25 Ha dengan menggunakan bibit jagung Bisi-18.

“Pengecekan rutin ini dilakukan untuk mengantisipasi agar tanaman jagung tidak terserang hama yang mungkin bisa terjadi di tanaman jagung dan mengakibatkan tanaman jagung tidak tumbuh dengan subur bahkan bisa mengakibatkan tanaman gagal panen, dengan adanya pengecekan secara rutin maka tanaman jagung akan terselamatkan”. Kata Sertu Edi Mulyanto.
‘Pemupukan, dan perawatan tanaman seperti pembersihan rumput di sekitar tanaman wajib dilakukan oleh petani agar tanaman dapat tumbuh dengan subur’, pungkas Sertu Edi Mulyanto.
Sesuai petunjuk Danramil 11/Sambi Kapten Inf Suparman, memastikan seluruh anggota Babinsa secara intensif melakukan pendampingan petani untuk memonitoring tanaman jagung. “Babinsa langsung saya perintahkan terjun ke lapangan bantu petani, cek keadaan tanaman yang selama ini sudah dilaksanakan. Jangan lupa buat data yang akurat sebagai bahan laporan dan revisi data Binter agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” katanya.


“Upaya itu untuk menjaga keberhasilan program swasembada pangan termasuk swasembada tanaman jagung. Mengingat Koramil juga memiliki peran mengupayakan kerjasama bersama Pemkab untuk mensukseskan program swasembada pangan, tidak hanya padi dan kedelai saja namun jagung pun sangat berpotensi di Kabupaten Boyolali,” pungkasnya.

"Terima kasih kepada Babinsa meluangkan waktunya dan memberikan arahan dan bimbingan kepada kami selama ini, dan menjadi pedoman kami dalam melaksanakan kegiatan pertanian sesuai program pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan di Indonesia pada umumnya dan di Dukuh Kedung Gudel, RT 04, RW 01, Desa Kepoh. Kecamatan Sambi, Kab. Boyolali  Khususnya ", Pungkas Bapak Suwardi.

(A Bastian Siahaan)