Iklan Semua Halaman

Rutan Klas IIB Humbahas Kanwil Kumham Sumut Gelar Razia

Tombak Publik,
Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Humbang Hasundutan (Humbahas) Kanwil Kumham Sumatera Utara hari ini kembali melakukan razia di kamar hunian tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (21/04/22). Sekira pukul 10:20 WIB.

Kali ini, razia melibatkan tim gabungan yang terdiri dari TNI - Polri daerah setempat. 
Sebelum melakukan razia, terlebih dahulu dilakukan apel tim gabungan dipimpin Karutan Herry Hasudungan Simatupang.

Apel gabungan ini sekaligus penegasan SOP (Standar Operasional Prosedur) pelaksanaan razia. Dan selanjutnya tim gabungan dibagi 2 regu untuk melakukan razia di Blok Mawar dan Blok Angrek. Razia dipimpin langsung oleh Karutan Herry Simatupang didampingi Danramil 05 Dolok Sanggul Kapten BR Munte, Kapolsek Doloksanggul AKP TL Simamora, Kasubsi Pengamanan Rutan (KPR) Manase Putra Tarigan, Kasubsi Pelayanan Tahanan (Kapelta) Desail Lubis dan diikuti  oleh petugas Rutan.

Dalam razia itu, tim gabungan terlebih dahulu melakukan penggeledahan badan para tahanan dan WBP. Kemudian melakukan penggeledahan isi kamar hunian. Dalam penggeledahan kamar tahanan, petugas menemukan benda tajam berupa cutter, gunting, obeng, batu padas, tali nilon, kartu joker, mancis, kayu balok dan alat komunikasi handphone serta barang terlarang lainnnya.
Sementara, barang haram (Narkoba) nihil. 
Usai pelaksanaan razia, Karutan Klas IIB Humbahas Kanwil Kumham Sumut, Herry Hasudungan Simatupang mengatakan, bahwa razia tersebut merupakan salah satu giat menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke 58.
Razia itu merupakan instruksi terpimpin yang dilaksanakan di Rutan - Lapas seluruh penjuru Indonesia. 

Dijelaskan dalam razia itu, pihaknya menemukan barang-barang yang dilarang di kamar hunian Rutan - Lapas " Dalam razia yang dilakukan tim gabungan, kita menemukan benda tajam berupa cuter, gunting, obeng. Tali nilon, kartu joker, batu, kayu balok dan lainnya. Barang-barang hasil razia akan dimusnahkan dalam rangkaian menyambut HBP ke 58," kata Herry. 

Mantan Kalapas Klas III Samosir itu menambahkan, saat ini kekuatan tahanan dan WBP Rutan Klas IIB Humbahas Kanwil Kemkumham Sumut berjumlah 726 orang dengan kapasitas 480 orang "Untuk memaksimalkan pencegahan barang terlarang khususnya peredaran Narkoba, kita melakukan razia rutin empat kali dalam satu bulan, disamping razia insidentil," ujarnya. 

Katanya lagi, menyambut HBP ke 58, selain razia kamar hunian, pihaknya juga melakukan sejumlah kegiatan yakni Bakti Sosial (Pembagian Gerobak UMKM), donor darah, Pekan Olahraga Seni Narapidana (Porsenap), tabur bunga di makam pahlawan, vaksinasi dan gotong royong (Pembersihan) komplek Rutan Klas IIB Humbahas Kanwil Kumham Sumut. 

(Jahara Sihite).