Iklan Semua Halaman

Rutan Labuhan Deli KemenkumHam Sumut Kembali Lakukan Panen Raya Jagung Seluas 3Ha

Tombak Publik.
Selasa, (17/05/22). Rutan Labuhan Deli kembali melakukan Panen Raya Jagung, Karutan Labuhan Deli Nimrot Sihotang mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mendukung program Presiden RI tentang ketahanan pangan dengan istilah food estate (lumbung ketahanan pangan), mendukung Target Kinerja Kemenkumham serta Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020.

Nimrot mengatakan berterima kasih kepada para pimpinan serta kepada semua pihak yang selalu mendukung serta memberikan arahan kegiatan budidaya Jagung, sebab kegiatan tersebut semata-mata dilakukan untuk mendukung program pemerintah dan sekaligus juga untuk pemenuhan program pembinaan kemandirian kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) masyarakat sekitar dan mantan WBP, tampak yang di panen saat ini merupakan sinergi antara petugas dan masyarakat sekitar lahan juga mantan WBP. 

“Pemasyarakatan diera digital ini bagi WBP tidak hanya menjalani hukuman saja lalu bebas, lebih dari itu kami juga berkewajiban utk menanamkan mindset yang baik dan skill yang mumpuni agar mereka nantinya setelah selesai menjalani hukuman bisa siap kerja dan juga dapat membuat lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri, bahkan bisa menjalin sinergi dengan kami seperti yang sudah kami lakukan dilahan ini dimana mantan WBP diberdayakan untuk menjaga serta mengawasi seluruh kegiatan menanam sampai panen dengan sistem upah kerja, maka besar harapan kami mereka kelak tidak kembali melakukan kejahatan lagi" ucapnya.

Sebelum mengahiri statemennya, Nimrot menyampaikan saat ini Rutan Labuhan Deli terus meningkatkan pelayanan serta sedang mengikuti pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).
"Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat serta kepada orang yang mendapatkan pelayanan kami agar mendukung pembangunan Z.I dengan tidak memberikan imbalan apa-apa atau gratis atas pelayanan kami." tambahnya.
Sementatara itu Kasubsi Bimbingan Kegiatan Wilson Sibarani serta jajaran mengatakan kegiatan panen dilahan seluas 3Ha itu dilakukan mulai hari Senin dan diperkirakan akan selesai hari Rabu (18/05/22). Dan dari hasil panen semenjak kemarin diperkirakan bahwa panen kali ini akan menghasilkan sekitar 18 Ton, dan merupakan salah satu lokasi dari beberapa lokasi yang di kelola.

“Kami dan jajaran tentu berterima kasih kepada Bapak Karutan Nimrot Sihotang sebab kegiatan ini terlaksana atas bimbingan dan arahan beliau, dimana kegiatan budidaya jagung ini sudah kami mulai Tahun 2018 lalu dan terus berlangsung sampai saat ini, ide cemerlang ini sangat positif karena melalui kegiatan ini Rutan Labuhan Deli begitu dikenal di internal sendiri bahkan eksternal KemenkumHam sebagai Rutan penghasil Jagung, bahkan melalui kegiatan ini Rutan Labuhan Deli salah satu UPT Pemasyarakatan yang mendapat penghargaan dari Kementan pada Rapat Evaluasi diakhir tahun 2021 lalu di Kupang NTT." Ucap Wilson Sibarani.

(W. Napitupulu).