Iklan Semua Halaman

Polres Humbahas Laksanakan Gelar Pasukan Ops Patuh Toba 2022

Tombak Publik.
Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Toba 2022 dilaksanakan di halaman Mako Polres Humbahas yang dipimpin oleh Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin, S.I.K. M.H, Senin (13/06/22).

Apel Gelar Pasukan ini juga dihadiri oleh Pabung TNI 0210/TU Humbahas, Sekda Kabupaten Humbahas, Kajari Kabupaten Humbahas, Kasat Pol PP Humbahas, Para PJU Polres Humbahas, Camat Lintongnihuta dan Sekretaris MUI Humbahas.

Arahan Kapolda Sumut Drs. R Z Panca Putra Simanjuntak, M.Si yang dibacakan oleh Kapolres Humbahas yakni ;
Permasalahan bidang lalu lintas di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekwensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang tidak sebanding dengan perkembangan jumlah dan pembangunan infrastruktur jalan yang ada.

Selain itu, perkembangan transportasi telah menginjak era digital. dimana operasional angkutan publik sudah semakin canggih dan dewasa ini semua cukup menggunakan Handphone. Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, pembangunan Etle (Electronic Traffic Law Enforcement) yang merupakan salah satu pengembangan inovasi yang bertujuan untuk penegakan hukum di bidang lalu lintas berbasis teknologi informasi dengan  menggunakan perangkat elektronik (digitalisasi).

Berdasarkan data yang ada bahwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada Tahun 2021 sejumlah 5.616 Kasus, terjadi trend penurunan sebanyak 467 Kasus (-7,68%), jika dibandingkan dengan kasus laka lantas Tahun 2020 yang meninggal dunia sebanyak 1.566 orang, mengalami trend penurunan sebanyak 104 orang (-6,23%), luka berat sebanyak 1.933 orang mengalami kenaikan sebanyak 113 orang (-5,52%) dan luka ringan sebanyak 5.911 orang dan mengalami trend penurunan sebanyak 600 orang (-9,22%) yang jika dibandingkan dengan Tahun 2020. sedangkan untuk Tahun 2022 (Januari s/d Mei 2022) laka lantas sebanyak 2.562 Kasus dan meninggal dunia sebanyak 691 orang, luka berat sebanyak 851 orang, luka ringan sebanyak 2.723 orang. 
Operasi Patuh Toba 2022 akan dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai Tanggal 13 hingga 26 Juni 2022. Operasi Patuh Toba tersebut dilaksanakan dengan tema “Tertib berlalu lintas menyelamatkan anak bangsa”, melalui operasi “Patuh Toba-2022” dan menghimbau, bersama kita wujudkan Kamseltibcar lantas menjelang Hari Bhayangkara ke 76 Tahun 2022, guna menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan korban fatalitas serta meningkatanya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Pola pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2021 ini adalah mengedepankan giat premtif dan preventif serta didukung gakkum dengan menggunakan Etle (Electronic Traffic Law Enforcement), teguran dengan simpatik kepada pelanggar lalu lintas yaitu tidak di perkenankan untuk melakukan penindakan hukum secara stasioner.

Adapun cara bertindak yang harus dipedomani pada Operasi Patuh Toba 2022 adalah sebagai berikut ;
1. Melaksanakan Binluh kepada masyarakat tentang Kamseltibcar lantas berupa giat sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker baik melalui media cetak, elektronik maupun medsos.
2. Melaksanakan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas.
3. Memanfaatkan perangkat RTMC (Regional Traffic Managemen Center) sebagai sarana untuk melaksanakan gakkum secara elektronik dengan menggunakan system Etle.
4. Melakukan counter opini terhadap berita-berita hoaks di medsos, online maupun mainstream terkait Ops Patuh Toba 2022.

Penekanan selama pelaksanaan operasi agar ;
1. Panjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan tugas.
2. Utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada.
3. Lakukan operasi ini sesuai prosedural, tidak arogan dengan simpatik dan humanis  3 S (Sabar, Sopan dan Senyum). 
4. Kepada para Perwira selaku pengendali dan Bidpropam serta Itwasda selaku pengemban fungsi pengawasan mampu melakukan pendisiplinan terhadap personil dalam pelaksanaan operasi keselamatan Toba 2022.
5. Jadilah teladan dalam berlalu lintas, untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat.
6. Teruslah berbuat baik, kerja cerdas, kerja cepat dan kerja tuntas.

(Jahara Sihite).