Iklan Semua Halaman

{{ date }}
{{ time }}

Proyek Pekerjaan Lapen Di Desa Bonan Dolok II Sijamapolang Viral, Inspektorat Humbahas Tinjau Lokasi

Tombak Publik.
Jumat (06/01/ 2023). Pihak Inspektorat Kabupaten, Dinas PUTR, Pihak Polres Humbahas termasuk Perangkat Desa Bonan Dolok II, Rabu (04/01/2023) telah melakukan tinjau lapangan memastikan pengaspalan di Jalan Sosor Julu menuju Lumban Julu Desa Bonan Dolok II, Kecamatan Sijamapolang - Kabupaten Humbang Hasundutan.

Keterangan Kontrak, Pengaspalan Jalan Sosor Julu Menuju Lumban Julu Desa Bonan Dolok II dengan penyedia PT Ann Ola Mandiri dengan Nomor Kontrak : 2/SPK-PL/BM.IV/PUTR/XI/2022 Tanggal 11 Nopember 2022, Nilai Kontrak : Rp199.700.000, Masa Pekerjaan : 11 November – 25 Desember 2022 dan item Pekerjaan Utama yaitu Lapen sepanjang 390 Meter x 3,00 Meter. 
Vidio viral terkait proyek pengaspalan tersebut, Inspektorat dan Dinas PUTR melakukan kunjungan lapangan dan sesuai hasil Uji Sampling, pekerjaan Lapen dengan penyedia PT Ann Ola Mandiri telah melakukan sesuai kontrak.

Tim yang melakukan tinjau lapangan yaitu dari Inspektorat Kabupaten, Dinas PUTR, pihak Polres Humbahas dan disaksikan oleh Perangkat Desa Bonan Dolok II dan telah menguji lebar dan ketebalan pekerjaan Lapen dengan hasil sebagai berikut ;
Pada STA_0+000 (titik 2 Meter dari awal), lebar tertutup Aspal 3,20 Meter, tebal Lapen 5 CM. Pada STA. 0+195, lebar tertutup Aspal 3,00 Meter, tebal Lapen 5,50 CM. Pada STA. 0+380, lebar tertutup Aspal 3,25 Meter, tebal Kapen 5,50 CM (telah melakukan uji lokasi yang diduga titik pencongkelan Lapen pada pemberitaan medsos).

Sesuai hasil pengujian ketebalan Lapen pada 3 titik, yang salah satunya diuji pada target titik pengambilan lokasi video viral, diketahui bahwa lebar dan ketebalannya telah sesuai dengan kontrak yaitu Lebar 3,00 Meter dan Tebal 5 CM.

Tim belum dapat meminta klarifikasi kepada pembuat video tentang titik pasti lokasi yang diviralkan itu, yang didalam vidio tersebut aspal dapat dicongkel menggunakan tangan kosong. Sehingga belum dapat dipastikan apakah titik tersebut masuk pada badan jalan atau dicongkelnya pada bahu jalan.

(Jahara Sihite).