Iklan Semua Halaman

Pelabuhan Mogang Panen Eceng Gondok


Tombak Publik - Samosir.

Dalam mewujudkan sebagai Kawasan Wisata Danau Toba bertaraf Internasional khususnya di wilayah Pemerintah Kabupaten Samosir berbagai kegiatan terus menerus dibenahi agar lebih layak dikunjungi Wisatawan Nasional dan Manca Negara.

Bukan hanya Sarana dan Prasarana, Pemkab Samosir juga sadar sebagai ujung tombak paling penting mengubah Samosir menjadi Destinasi Wisata bertaraf Internasional yaitu Sumber Daya Manusia (SDM).


Hari ini Rabu, 25/09/19. sekira puku 07.20 WIB. Tombak Publik berada di Pelabuhan Mogang yang terletak di Desa Palipi. Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir.

Apa yang diharapkan sepertinya masih berbanding jauh dari wacana itu. Dari hasil gambar yang kita lihat telah dibuka jalan ditepian danau dengan menggunakan alat berat. Namun saat gambar ini diambil terlihat tidak ada aktivitas pengerjaan lanjutan disana.


Di Pelabuhan Mogang ini setiap hari, terutama di pagi hari ramai aktivitas, seperti Kapal Kayu yang mengangkut anak-anak sekolah dari Desa Sabulan ke Desa Palipi untuk bersekolah menimba ilmu.


Perhatikan juga gambar diatas, Pelabuhan Mogang ini yang dulu katanya bersih asri dipandang namun sekarang sudah seperti daratan semak belukar. Dan belum diketahui apa yang menyebabkan pembiaran oleh Pemkab Samosir mengenai hal ini, padahal Pelabuhan itu aktif karena penduduk dari Desa Sabulan kebanyakan menyekolahkan anak-anak mereka ke SMPN 1 Palipi dan SMKN 1 Palipi yang mereka tempuh melalui jalur air menggunakan Kapal Kayu yang bersandar dipelabuhan Mogang itu.


Kemudian Tombak Publik bergeser tidak jauh dari Pelabuhan Mogang yaitu ke Polsek Palipi. Saat gambar ini diambil terlihat dari luar belum ada aktivitas di Polsek tersebut (Apel/Olah Raga)


Ini adalah jalan satu-satunya menuju Polsek Palipi. Jalan ini akan sedikit ramai apabila di hari selasa, karena untuk hati pekan di desa ini ditentukan adalah pada hari selasa. Dan kita lihat photo diatas, itu adalah jalan tikungan yang menanjak tetapi ada pohon yang menutup penglihatan pengendara yang datang dari arah berbeda.


Dulunya ditempat ini, yang berada di depan Polsek Palipi ramai dengan aktivitas warga. mereka mengfungsikan bibir pantai tersebut untuk mandi dan mencuci, terus kemana mereka mendapatkan air untuk keperluan itu?

Dari pengamatan kita semua apakah bisa wacana diatas terwujud. Apakah Danau Toba atau Samosir bisa menjadi Destinasi Wisata bertaraf Internasional dengan semak-semak belukar itu.

Tonton vidio, Pelabuhan Mogang dan Polsek Palipi


Warga yang tidak ingin disebut Mengatakan, "Kami hidup dari martoba (nelayan) dan juga bertani menanam padi, penghasilan kami tidak mencukupi dan kami hanya bisa berharap kepada Pemerintah Kabupaten Samosir tidak hanya berfokus di Ibu Kota Kabupaten yaitu Pangururan akan tetapi juga memperhatikan desa-desa lain yang ada di Kabupaten Samosir," Ketus warga

Akan tetapi harus diketahui bahwa Pelabuhan Mogang itu sesungguhnya sudah sangat tertata rapi semenjak Pemkab Samosir dipimpin oleh Bapak Rapidin Simbolon. Jalan menuju ke Pelabuhan sudah sangat luas dan jauh sangat bagus dari yang sebelumnya. Dan kita lihat juga pada gambar pertama, telah ada pengerjaan di dekat Pelabuhan Mogang semenjak Bapak Rapidin Simbolon memerintah di Kabupaten Samosir.

Kabupaten Samosir akan memasuki masa Pilkada. Tentunya untuk dimasa 1 Periode kinerja Pemkab Samosir patut diacungkan jempol meskipun hasilnya belum maksimal karena itu semua tidak semudah yang kita fikirkan apalagi untuk membenahi satu Kabupaten hanya dengan tempo 5 Tahun.

( Red. )