Diduga Proyek Siluman Tetap Eksis | Medan

Kategori Berita

Diduga Proyek Siluman Tetap Eksis | Medan


Tombak Publik.
Proyek Pembangunan jalan yang melintang di Jalan Veteran Kelurahan Pulo Brayan bengkel Kecamatan Medan Timur ini diduga Siluman. Tidak ditemukan adanya pemasangan plang proyek.




Sedangkan, dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 54 tahun 2010 dan Perpres No 70 tahun 2012, disana tertuang terkait kewajiban memasang papan nama proyek.

Warga sekitar maupun yang melintas juga mengeluhkan lambannya pengerjaan jalan tersebut. "seharusnya ada papan proyek agar masyarakat tahu sumber anggarannya dari mana, besaran anggarannya berapa terus ukuran jalan berapa. Kalau tidak ada papan proyeknya kayak gini masyarakat jadi tidak tahu” ujar salah satu sumber, Senin 16/12/19 yang enggan namanya dipublikasikan.


Sumber lain menyebutkan, dalam aturan Perpres mengatur regulasi setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.





Juga tidak adanya papan proyek di Jalan Veteran itu sudah menyalahi aturan sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
“Tidak dicantumkan papan nama proyek tersebut bukan hanya bertentangan dengan Perpres. Tapi juga tidak sesusai dengan semangat transparansi dan keterbukaan terkait informasi kepada masyarakat” tambah warga.
Selain itu, spek dan struktur hitungan bangunan juga pastinya menuai tanda tanya. Dan masih diragukan kualitas dan juga mutu jalan yang dibangun ini, pungkas mereka.
Wartawan tombakpublik.com secepatnya akan mencoba konfirmasi langsung ke kantor kelurahan atau ke kantor kecamatan terkait hal ini.
(Ranto Sipahutar)