Iklan Semua Halaman

Menkomarvest Luhut B Panjaitan Hadiri Soft Launching Pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport

Tombak Publik.
Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo hadir dalam Soft Launching pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA). Jumat, 27/08/21.

Soft launching dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarvest) Luhut B. Panjaitan bersama dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi,

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Hamengkubuwono X, di Stasiun KA Bandara YIA, Kulonprogo, Yogyakarta.

Menteri Kemenhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan KA Bandara YIA ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang pembangunannya tetap dilanjutkan di tengah pandemi.

Sementara itu, Menteri Kemenkomarves Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi Kemenhub yang telah berhasil menyelesaikan pembangunan KA Bandara YIA di tengah masa pandemi Covid19.

Menko Luhut mengatakan, kehadiran KA Bandara ini diharapkan membantu meningkatkan perkonomian dan membantu aksesibilitas masyarakat yang ramah lingkungan.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pihaknya mendukung pembangunan KA Bandara YIA dalam rangka meningkatkan kapasitas penumpang transportasi massal di masa yang akan datang.

Sebagai informasi, mulai membangun jalur KA ini pada tahun 2019 dengan biaya investasi sekitar Rp. 1,1 Triliun, yang dimulai dari Stasiun Kedundang ke arah Bandara YIA sepanjang 5,4 Km.

Jalur yang dibangun terdiri dari jalur at grade (di permukaan tanah) sepanjang 300 meter dan konstruksi jalur ganda layang sepanjang 5,1 km serta 16 unit konstruksi jembatan.

Khusus untuk Stasiun KA di Bandara YIA dibangun oleh PT Angkasa Pura I sedangkan fasilitas Stasiun KA Bandara disediakan oleh PT KAI.

(Adol Bastian Siahaan)