Iklan Semua Halaman

 


{{ date }}
{{ time }}
PERUSAHAAN PERS
PT. PANDLYTRA TAMA MANDIRI

Menko Kemaritiman Dan Investasi RI Melakukan Kunker Ke Kabupaten Humbang Hasundutan

Tombak Publik.
Rabu 01/09/21. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B Panjaitan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Humbang Hasundutan Provinsi Sumatera Utara, untuk meninjau pelaksanaan Food Estate Holtikultura dan memastikan progres pembangunan infrastruktur sesuai rencana dan juga pola kemitraan petani dengan off taker di kawasan Food Estate berjalan dengan baik yang berlokasi di Desa Ria-ria Kecamatan Pollung.

Turut hadir mendampingi Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, PhD. Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak. Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito dan beberapa Deputi dan Dirjen Kementerian. Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan Oloan Paniaran Nababan, SH, MH dan Bupati Kabupaten tetangga, Forkopimda Humbang Hasundutan, Kapolres Humbahas AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, SH, SIK, MH, Dandim 0210/TU Letkol Rony Agus Widodo, Kajari Humbahas Martinus Hasibuan, SH, MH, dan sejumlah OPD Pemkab Humbahas dan off taker serta para Petani di areal Food Estate.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B Panjaitan dalam sambutannya menyampaikan, " saya senang datang ke Kabupaten Humbang Hasundutan, dimana sudah 2 tahun setelah Pengembangan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan, saya melihat sudah berjalan dengan baik, karena yang menata  Food Estate adalah ahli-ahlinya yang tergabung dalam ‘tim work’. Masing masing ahli akan bekerja sesuai Poksinya".

Lebih lanjut Menko Marves mengatakan, Semua itu adalah untuk mensejahterakan rakyat dan itu perintah Presiden RI ke kami. Pemerintah memberikan yang terbaik untuk kepentingan rakyat.

"Tadi sudah kita dengar yang disampaikan Koordinator Lapangan Van Basten bahwa hitung-hitungan per hektarnya hasilnya sudah cukup baik. Kalau dengan teknologi irigasi tetes  dan pengolahan yang tepat maka hasilnya bisa lebih meningkat lagi. ‘jangan sampai hilang kesempatan ini untuk membuat masa depan keluargamu" Terang Menko Maves.

Menko Marves juga menyampaikan bahwa lahan yang dikelola masyarakat ini punya sertifikat, dimana bisa diturunkan kepada anak cuku nantinya. "Sertifikat itu adalah milikmu, tidak bisa dimain-mainkan kemana itu. Saya jamin, bahwa itu adalah milikmu" tegas Luhut.

Pada kesempatan itu juga Menko Marves, Luhut B. Panjaitan menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Kita harus disiplin untuk pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan, kemudian melakukan vaksin dan kalau sakit jangan ditahankan di rumah tetapi laporkan dan pergilah ke isolasi terpusat.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada Presiden RI Joko Widodo, Menko Marves, Luhut B. Panjaitan, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan semua yang memberi perhatian untuk Humbang Hasundutan terutama dalam Pengembangan Food Estate. 

"Terimakasih juga kepada Pemerintah Pusat, Menko Marves yang memberikan perhatian secara khusus ke Kabupaten Humbang Hasundutan terkait vaksin Covid-19. Kami Laporkan Humbang Hasundutan memperoleh vaksin dari Kementerian Kesehatan sampai saat ini 120.000 lebih. ‘Kalau bukan karena pak menko memberikan attensi ke kami pak, masih jauh kami dari kesetaraan vaksin. Mudah-mudahan kami semua sehat pak" Ujarnya Dosmar.

Bupati Humbahas menambahkan bahwa kedepan akan lebih konsen lagi dan berkoordinasi dengan Kementerian terkait dan Gubernur dalam percepatan Pengembangan Food Estate. Keberhasilan Pegembangan Hortikultura  juga didukung oleh Alam dan iklim yang baik,  curah hujannya tinggi dan para petaninya pekerja keras dimana mereka sangat berkeinginan untuk maju.
Sebelumnya Menko Marves bersama rombongan menerima laporan dan penjelasan tentang Pengembangan Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan oleh Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, Koordinator Lapangan Vanbasten dan Tim Work yang bekerja pada Pengembangan Food Estate.

Rombongan selanjutnya bergerak meninjau lahan Food Estate dan melaksanakan Panen Kentang di Areal Pertanaman Petani yang bekerjasama dengan PT. Indofood. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan Perluasan Food Estate ke Taman Sains dan Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) di Desa Aek Nauli.

(Jahara sihite)