Iklan Semua Halaman

 


{{ date }}
{{ time }}
PERUSAHAAN PERS
PT. PANDLYTRA TAMA MANDIRI

Presiden RI Ir. Joko Widodo Resmikan Bendungan Way Sekampung

Tombak Publik.
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung pada Kamis, (02/09/21). Bendungan ini merupakan satu dari 13 proyek bendungan yang ditargetkan selesai dibangun tahun ini. 

“Bendungan Way Sekampung yang dibangun sejak 2016 hari ini telah selesai dan siap difungsikan. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik, dan luas genangan 800 hektare,” ucap Presiden Jokowi.

Bendungan Way Sekampung diharapkan dapat menjaga kontinuitas ketersediaan air di Lampung sebagai salah satu lumbung pangan nasional, sekaligus meningkatkan intensitas tanam dari 2 kali menjadi 3 kali setahun, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Selain untuk penyediaan irigasi, Bendungan Way Sekampung juga berfungsi sebagai penyedia air baku, pembangkit listrik, dan pengendali banjir.

Sistem Kaskade Way Sekampung akan memastikan ketersediaan air di Lampung sebagai salah satu lumbung pangan nasional dengan memanfaatkan Sungai Way Sekampung.

Sistem Kaskade yang terdiri dari Bendungan Batutegi, Bendungan Way Sekampung, dan Bendungan Margatiga (siap diresmikan Desember 2021) ini akan mengairi 55.000 Ha daerah irigasi dan ditambah potensi 17.500 Ha daerah irigasi baru.

(Adol Bastian Siahaan).