Iklan Semua Halaman

Kelompok Tani Marpadot Binaan DPRD Provinsi Komisi B Panen Raya Cabai

Tombak Publik.
Kamis 09/12/21. Rombongan anggota DPRD Provisi Komisi B beserta Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara turut menyaksikan petani yamg sedang memetik hasil panen Cabai yang di produksi Kelompok Tani Marpadot binaan DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Komisi B.

Disela-sela kegiatan petani yang sedang bersukaria memetik hasil panen Cabai tersebut, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara yang salah satu diantaranya Pantur Banjarnahor menyampaikan pernyataan bahwa Komisi B selalu mengarahkan pengembangan sentra-sentra Pertanian dan Peternakan di Humbang Hasundutan, tampak kegiatan Panen Raya tersebut dihadiri seluruh anggota Kelompok Tani dan juga Kabid Holtikultura Y Habeahan yang mewakili Dinas Pertanian Kabupaten Humbahas.

Untuk Pertanian Holtikultura, DPRD Provinsi dari Komisi B di dalam beberapa kunjungannya selalu mengaplikasikan khusus ke sentra-sentra pertanian, petani seharusnya mempunyai prinsip-prinsip dasar, di mulai dari ketersediaan lahan, bibit harus dari jenis bibit unggul dan pupuk dasar yaitu pupuk kandang dan aplikasi pemberian obat-obatan (Pestisida).

Untuk mendukung berHoltikutura ada baiknya petani juga harus membudidayakan ternak, disamping pengembangan daging ternak juga petani bisa mendapatkan pupuk kandang.
Keberhasilan tanaman Cabai di lahan Sopo Marpadot diperkirakan akan mengeluarkan hasil panen sebanyak 38 Ton dalam 10 Minggu dengan luas kurang lebih 3Ha.
Dan anggota DPRD Provinsi tersebut juga mengatakan, sesuai dengan kondisi tekstur batang dan buah, masa panen cabai tersebut bisa mencapai 30 Minggu. Dan dia berharap hasil awal tsrsebut dijadikan sebagai motivasi bagi para petani yang ada di Humbang Hasundutan.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara Ir. Bahruddin Siregar, MM sangat mengaresiasi hasil pertanian yang ada di Humbang Hasundutan dan akan selalu mendorong dan mendukung petani Humbang Hasundutan demi Ketahanan Pangan di Sumatera utara.

Dan ratusan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) beserta bibit-bibit unggul sudah dan akan berlanjut di turunkan dari Provinsi ke Kabupaten Humbang Hasundutan, dan program serta kegiatan ini berkat kerja sama DPRD Komisi B dengan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Provinsi dan terlaksana sebagai upaya mendukung petani yang ada di Humbang Hasundutan.

(Jahara Sihite)