Iklan Semua Halaman

{{ date }}
{{ time }}

Laksanakan Tradisi Khas TNI AL, Danyonmarhanlan I Bertindak Sebagai Irup Pedang Pora

Tombak Publik.
Dispen Kormar (Belawan), Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) l Letkol Marinir Indra Fauzi Umar dengan didampingi Ketua Ranting B Cabang l Korcab Parmar 1 Ny. Diana Indra FU menjadi Inspektur Upacara dalam Upacara Tradisi Pedang Pora Pernikahan Lettu Mar Ahmad Rizwan, S. Tr.(Han) Jabatan Pakurmed Raipur A Batalyon Howitzer 2 Marinir bertempat di Jl. Ahmad Yani, Kwala Begumit, Kec. Binjai, Kab. Langkat. Senin (24/10/2022)

Upacara tradisi pernikahan militer Pedang Pora yang khusus diperuntukkan golongan Perwira pada acara resepsi pernikahan Lettu Mar Ahmad Rizwan, S.Tr.(Han)., dengan sdri Ayuni kali ini yang kesempatan menjadi Inspektur Upacara (Irup) adalah Danyonmarhanlan l Letkol Marinir Indra Fauzi Umar.

Sesuai dengan kata asalnya yaitu Pedang Pura atau Gapura Pedang, rekan-rekan atau adik angkatan dari mempelai pria akan berbaris dan merangkai pedang menjadi seperti gapura. Ini sudah menjadi tradisi di dunia militer. Dan upacara ini mencerminkan solidaritas dan persaudaraan dari para perwira upacara.

Adapun Tradisi Pedang Pora dalam upacara pernikahan militer bertujuan sebagai penghormatan dan kebanggaan bagi seorang Perwira yang akan memulai hidup baru dalam bahtera rumah tangga. Upacara ini juga bertujuan untuk menunjukkan kepada mempelai wanita, awal memasuki rumah tangga bersama prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut dan sebagai Keluarga Besar Jalasenastri serta upacara ini juga merupakan upaya Melestarikan Tradisi Khas TNI AL.

(W. Napitupulu).