Iklan Semua Halaman

 


{{ date }}
{{ time }}
PERUSAHAAN PERS
PT. PANDLYTRA TAMA MANDIRI

Wakil Bupati Humbahas Buka Pelatihan Fasilitator Kesehatan

Tombak Publik.
Wakil Bupati Humbang Hasundutan DR (Can) Oloan P Nababan, SH, MH secara resmi membuka Pelatihan Fasilitator Kesehatan (Stunting, Rumah Sehat, 5 Pilar Sanitasi total berbasis masyarakat STBM, Gizi Keluarga) yang diselenggarakan oleh Mercy Corps Indonesia bertempat di Nowly Hotel Pakkat Dolok, Kecamatan Dolok Sanggul, pada hari Senin (30/01/23). 

Wakil Bupati Humbahas yang juga sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) menyampaikan bahwa, Pelatihan Fasilitator Kesehatan ini sangat penting dilakukan secara khusus pencegahan dan penanggulangan Stunting, karena ini merupakan perintah dari Presiden RI Joko Widodo.
Selain itu, Stunting dinyatakan sangat berbahaya, Stunting adalah masalah kurang gizi kronis, yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu yang lama, Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia 2 Tahun, dimana anak secara fisik terlihat lebih pendek dari pada anak lain seumuranya.

Kekurangan gizi pada usia dini meningkatkan angka kematian bayi dan anak, menyebabkan penderita mudah sakit dan memiliki postur tubuh tidak maksimal saat dewasa, dan tidak memiliki kemampuan koknitif yang memadai sehingga tidak saja mengakibatkan kerugian bagi individu tetapi juga kerugian sosial ekonomi jangka panjang bagi Indonesia.

Untuk mencegah dan mengatasi Stunting dilakukan dua model intervensi yaitu intervesi spesifik dan sensitif,
Intervensi spesifik mencakup upaya upaya mencegah dan mengurangi gangguan secara langsung, misalnya melalui imunisasi pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita dan pemantauan pertumbuhan.

Sedangkan intervensi sensitif adalah mencakup upaya upaya mencegah dan mengurangi gangguan secara tidak langsung misalnya melalui penyediaan air bersih, perbaikan sanitasi, peningkatan pendidikan, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan gender.

Maka diharapkan semua pihak terkait, agar saling membantu dan bahu membahu dalam menuntaskan stunting di Kabupaten Humbang Hasundutan.

(Jahara Sihite).