Iklan Semua Halaman

 


{{ date }}
{{ time }}
PERUSAHAAN PERS
PT. PANDLYTRA TAMA MANDIRI

Disdukcapil Humbahas Jemput Bola Untuk IKD Guru Sekolah

Tombak Publik.
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) lakukan kegiatan jemput bola, atau langsung turun ke sekolah salah satunya SMAN 1 LintongNihuta, untuk penerbitan Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi guru-guru Sekolah.

Edward Siregar Kabid Administrasi Kependudukan diruang kerjanya, Rabu (15/02/22) menerangkan bahwa, dalam kegiatan itu dilakukan penerbitan IKD sebanyak 199, dengan rincian 80 IKD untuk guru dan staf serta 119 untuk siswa, yang juga sekaligus pencetak KTP-el usai perekaman.

“Tim Disdukcapil juga melakukan perekaman KTP-el bagi siswa yang Sudah layak memiliki KTP pada sekolah tersebut.
Kegiatan ini sudah menjadi komitmen Disdukcapil Humbahas untuk melengkapi Administrasi Kependudukan (Adminduk), karena Adminduk adalah hak kontitusi setiap warga. Jadi harus dilayani sebaik mungkin,” kata Eduard Siregar.
Kepala Dinas Dukcapil Humbahas Jara Trisepto Lumban Toruan menjelaskan, untuk penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), saat ini Disdukcapil melakukan jemput bola melalui Sistem Pelayanan Gerak Bersama Sekolah Untuk Penerbitan KIA (Sigebaskia). “Mari Galakkan Sigebas KIA agar seluruh siswa dan siswi kita usia dibawah 17 Tahun lengkap memiki KIA.
Mohon dukungan masyarakat melalui sekolah agar setiap anak memiliki KIA,” ajak Jara.

Kadis Disdukcapil menambahkan "kemudahan pengurusan KIA tadi cukup hanya menggunakan Akte Kelahiran, menyiapkan pashfoto ukuran 2×3 berwarna dan cukup satu lembar saja. Kami akan langsung menjemput ke sekolah, setelah dicetak, KIA tadi akan kami antar kembali ke sekolah. Inilah kerja sama yang sangat kita harapkan,” ucap Kadis.

Kadis juga menuturkan, pihaknya sudah menerbitkan 123 keping KIA untuk SD 173324 Sopobutar “Kami berharap sekolah lainnya dapat mempersiapkan pembuatan KIA sehingga setiap anak di Humbahas memiliki Kartu KIA” himbau Kadis .

 (Jahara Sihite).