Iklan Semua Halaman

{{ date }}
{{ time }}

Bupati Humbahas Hadiri Pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024


Tombak Publik.
Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE hadiri Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024 (12/4) di Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan.

Kegiatan ini diawali dengan Ramah Tamah dan Gathering Kepala Daerah se-Sumatera Utara serta Penyematan Rompi oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kepada seluruh Kepala Daerah di wilayah Provinsi Sumatera Utara bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara.
Kemudian dilanjutkan dengan Konvoi menggunakan Becak Mesin menuju Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan.

Gubernur Sumatera Utara dalam arahannya menyampaikan bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024, mengangkat tema “Sinergitas dan Peningkatan Kualitas Pembangunan dalam Rangka Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.


Gubsu menyampaikan bahwa, Prioritas RKPD Sumatera Utara Tahun 2024 yakni peningkatan SDM dan sosial masyarakat, peningkatan ekonomi inklusif, prioritas optimalisasi kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

Edy Rahmayadi berharap Musrenbang kali ini mampu menjawab tantangan pembangunan Sumut tahun 2024, yang terdiri atas 33 kabupaten/kota. Oleh karena, itu program serta kebijakan tahun 2024 sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah.

"Usulan program itu harus dari daerah ke provinsi, karena mereka yang tahu apa kebutuhannya, tetapi tentu harus sesuai RPJMD provinsi," kata Edy Rahmayadi.

Direkur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri Dr. Drs. Safrizal Za, M. Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembahasan rancangan RKPD Provinsi dilaksanakan untuk Pembangunan Daerah, Kondisi Pembangunan Daerah, dan sinkronisasi pembangunan pusat daerah.
 
Pembangunan daerah merupakan perwujudan dari pelaksanaan urusan pemerintah yang telah diserahkan ke daerah sebagai bagian integral dari pembangunan Nasional, untuk sinkronisasi pembangunan pusat dan daerah untuk tahun 2024 Rancangan Kerja Pembangunan Nasional telah menetapkan tema yakni “Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Provinsi Sumut, DPD & DPR RI Daerah Pemilihan Sumut, Pimpinan Anggota DPRD Provinsi Sumut, seluruh Kepala Daerah se-Sumatera Utara, Rektor pada Perguruan Tinggi se-Sumut, Sekda/Staf Ahli/Asisten/Kepala OPD Provinsi Sumut, Kepala Bappeda & ASN Bappeda dan Kepala OPD Kab/kota se-Sumatera Utara.

(Jahara Sihite)