Iklan Semua Halaman

 


{{ date }}
{{ time }}
PERUSAHAAN PERS
PT. PANDLYTRA TAMA MANDIRI

Bupati Samosir Sampaikan Nota Pengantar LKPJ Tahun Anggaran 2022

Tombak Publik.
Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menyampaikan nota pengantar atas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Samosir Tahun Anggaran 2022 pada Rapat Paripurna DPRD Samosir yang digelar di Gedung DPRD Kabupaten Samosir, Senin (10/04/2023).

Rapat Paripurna dibuka oleh Ketua DPRD Samosir Sorta E. Siahaan didampingi Wakil Ketua Pantas Marroha Sinaga dan Nasib Simbolon. Setelah rapat memenuhi kuorum dan menyetujui tata tertib rapat, selanjutnya Ketua DPRD mempersilahkan Bupati Samosir untuk membacakan Nota Pengantar  atas LKPJ TA. 2022.

Mengawali Nota Pengantarnya, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST menyampaikan Selamat Paskah kepada seluruh hadirin yang hadir. Dikatakan, APBD Kabupaten Samosir Tahun Anggaran 2022 ditetapkan sebesar Rp. 901 M lebih, dengan rincian pendapatan daerah ditetapkan sebesar Rp. 855 M lebih dan terealisasi sebesar Rp. 818 M lebih atau sekitar 95,65 persen. Pendapatan daerah tersebut diperoleh dari PAD yang ditargetkan Rp. 84 M lebih terealisasi sebesar Rp. 68 M lebih (81,21 persen), pendapatan transfer sebesar Rp. 771 M lebih terealisasi Rp. 749 M lebih (97,22 persen), dan lain-lain pendapatan daerah yang sah ditargetkan sebesar Rp. 37,161 M terealisasi sebesar Rp. 37,664 M (101,35 persen).
Kemudian, Pengelolaan Belanja Daerah Kabupaten Samosir terdiri dari Belanja Operasi, Belanja Modal, Belanja Tak Terduga dan Belanja Transfer yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp. 901 M lebih, terealisasi sebesar Rp. 810 M lebih atau sebesar 89,93 persen.

Bupati Samosir mengatakan berdasarkan prioritas dan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan untuk melaksanakan tugas pelayanan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan TA. 2022 hasil dari pembahasan anggaran oleh TAPD dan Banggar DPRD ditetapkan target program sebanyak 180 program dan terealisasi sebanyak 175 program atau sebesar 97,22 persen, yang dijabarkan dalam 364 kegiatan dan terealisasi sebanyak 350 kegiatan.

"Kami sampaikan bahwa berbagai target kinerja yang sudah dicanangkan dalam dokumen perencanaan Tahun 2022, tidak sepenuhnya dapat direalisasikan karena refocusing anggaran untuk pemulihan penanganan pandemi Covid-19 dan penanganan dampak inflasi", terang Vandiko.

Ditambahkan, bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan tak luput dari berbagai keterbatasan namun akan tetap berupaya agar pelaksanaan program, baik pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan pemerintah maupun pembinaan dan pemberdayaan masyarakat akan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat, tepat sasaran dan akuntabel.

Mengakhiri Nota Pengantarnya, Bupati Samosir mengajak seluruh stakeholder dan elemen masyarakat Kabupaten Samosir untuk terus membangun kebersamaan dan sinergitas, mengerahkan segala kemampuan dan kekuatan guna percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Mari bersama-sama kita lakukan perbaikan dengan perubahan untuk meraih masa depan yang lebih baik di Kabupaten Samosir, Titik Awal Peradaban Batak, yang kita cintai ini", tutup Vandiko.

Rapat Paripurna LKPJ TA. 2022 tersebut, juga dihadiri oleh Pj. Sekdakab Samosir, Pimpinan OPD dan Camat se-Kabupaten Samosir, serta insan pers.

(Jahara Sihite)